Kapan Harus Menggunakan VPS Dan Kapan Harus Mengupgradenya?

VPS bagi beberapa orang mungkin masih terdengar asing, namun bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia website maupun hosting tidak akan merasa asing lagi dengan istilah Virtual Private Server. Dengan berbagai layanan bonuses masa kini, vps telah banyak digunakan oleh banyak orang. Namun, apakah vps itu?

Secara umum vps memiliki artian sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa virtual server. Secara garis besar, VPS masih mirip dengan shared hosting, namun memiliki resource yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server. Dengan virtualisasi tersebut, memungkinkan kita untuk menginstall OS dan software tambahan sesuai kebutuhan, yang mana tidak dapat kita lakukan di shared hosting.

Biasanya, vps ini digunakan ketika website ramai pengunjung . Oleh karena itu, layanan hosting dengan resource yang lebih besar merupakan jawabannya. Namun, hal tersebut tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit apabila kamu menggunakan Dedicated Hosting.

Nah, VPS bisa menjadi pilihan yang tepat, karena resource yang ditawarkan VPS lebih besar dan lebih leluasa daripada shared hosting. Sehingga, akan membuat performa website kita tetap prima.

Biasanya VPS hoting menjadi pilihan terakhir jika website Anda telah berkembang, bahkan sudah melampaui batas resource shared hosting. Apabila paket termahal yang ditawarkan shared hosting tidak lagi bisa mengakomodasi website Anda, maka sudah saatnya Anda beralih ke paket VPS hosting. VPS hosting mampu menyediakan dua hal terbaik untuk website Anda: shared hosting dan dedicated hosting.

Akan tetapi, ada kasus-kasus tertentu yang mengharuskan Anda untuk menggunakan VPS hosting sejak awal. Sebagai contoh, Anda membuat website eCommerce. Tentunya Anda ingin mengatur agar metode pembayaran bisa lebih aman, nyaman, dan cepat dan hal ini hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan virtual private server. Bahkan, jika Anda menyimpan berbagai data yang sensitif atau harus memproses pembayaran online, VPS bisa mengurangi risiko bocornya keamanan dan mengidentifikasi si pencuri.

Apabila Anda ingin traffic website naik di waktu-waktu tertentu, misalnya website Anda berfokus pada perencanaan event atau penjualan tiket online, tentu saja Anda bisa mengandalkan berbagai paket VPS hosting. Server game dan situs-situs lain yang membutuhkan resource besar juga dapat dibuat di VPS hosting untuk menghasilkan performa yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *